About

Read more

Zakat Maal Logam Mulia Lainnya

Nisab Emas LM CERT 2023 Rp.969.928/gr x 85 x 2,5% =Rp.2.061.097

(Nisab Zakat Logam Mulia lainya = Nisab Emas)




Nisab Zakat Maal Logam Mulia Lainnya

Logam mulia lainnya termasuk salah satu harta yang wajib dizakati apabila telah mencapai nisab dan haulnya.

Perintah untuk mengeluarkan zakat emas, perak, dan logam mulia ini termaktub dalam Al-Qur'an surah At Taubah ayat 34. Allah SWT berfirman,

۞ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ الْاَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُوْنَهَا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙفَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya banyak dari para rabi dan rahib benar-benar memakan harta manusia dengan batil serta memalingkan (manusia) dari jalan Allah. Orang-orang yang menyimpan emas dan perak, tetapi tidak menginfakkannya di jalan Allah, berikanlah kabar 'gembira' kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih."

Nisab Zakat Logam Mulia

Emas, perak, dan logam mulia lainnya yang wajib dizakati harus merupakan milik sendiri, mencapai haul (kepemilikan satu tahun), dan mencapai nisab (batas wajib zakat).

Menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014 tentang Syariat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif, nisab zakat emas adalah 85 gram emas. Apabila emas yang dimiliki melebihi nisab, zakat yang harus dibayar sebesar 2,5 persen dari emas yang dimiliki.

Adapun, nisab zakat perak adalah 595 gram perak. Apabila perak yang dimiliki melebihi nisab, zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5 persen dari perak yang dimiliki, sama halnya dengan emas.

Sementara itu, nisab zakat logam mulia lainnya adalah sebesar 85 gram emas. Apabila seseorang memiliki logam mulia lebih dari nisab, maka zakat yang harus dibayar sebesar 2,5 persen dari logam mulia lainnya yang dimiliki.

Berikut rincian perhitungan zakat emas, perak, dan logam mulia:

Nisab zakat emas: 85 gram emas
Kadar zakat emas: 2,5 persen
Nisab zakat perak: 595 gram perak
Nisab zakat perak: 2,5 persen
Nisab zakat logam mulia: 85 gram emas
Kadar zakat logam mulia: 2,5 persen

Cara Bayar Zakat Emas, Perak, dan Logam Mulia

Pembayaran zakat emas, perak, dan logam mulia lainnya bisa dilakukan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan berbagai mitranya. 

Melansir, cara membayar zakat emas bisa dilakukan secara langsung dalam bentuk emas atau dikonversikan lebih dahulu ke dalam nilai rupiah.

price/Rp2,061,097,-   size/Zakat Maal Logam Mulia lainya
left-sidebar
full-widthright-sidebar

::