About

Shodaqoh Modal Usaha Pemuda Karang Taruna di Pedesaan

Shodaqoh Modal Usaha Pemuda Karang Taruna di Pedesaan

Size
Price:

Read more

Modal Usaha Pemuda Karang Taruna



Membantu Modal Usaha Pemuda Karang Taruna Sebagai Agen Perubahan Bangsa

Ada sebuah peran yang sangat penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Peran yang menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang. Peran yang dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Peran yang memiliki 2 modal dasar dalam pergerakannya. Ia yang disebut sebagai agent of cange (agen perubahan) masa depan. Ia yang memiliki kekuatan moral yang tinggi karena dalam perjuangannya semata-mata bersadarkan idealisme demi rasa cintanya pada bangsa dan Negara (agent of social control).

Lalu siapakah pemilik peran istimewa itu? Ia adalah Anda, pembaca artikel ini—para pemuda Indonesia. Iya, Anda armada dalam kemajuan bangsa Indonesia. Anda pemilik posisi strategis dan istimewa. Anda adalah tulang punggung bagi setiap pergerakan perubahan ketika suatu masa pemerintahan tidak sesuai dengan keinginan rakyat. Contoh nyatanya adalah ketika memperebutkan kemerdekaan dari penjajah Jepang dan Belanda pemuda berperan sebagai orang yang membuat sejarah, membuat pergerakan, menciptakan perubahan, dan akhirnya membuka gerbang kemerdekaan.


Bapak proklamator bangsa Bung Karno berkata, “Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia”, yang menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan Negara. Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan negara.

Mirisnya, kondisi pemuda Indonesia saat ini, mengalami degradasi moral, terlena dengan kesenangan dan lupa akan tanggung jawab sebagai seorang pemuda. Tataran moral, sosial dan akademik, pemuda tidak lagi memberi contoh dan keteladanan baik kepada masyarakat sebagai kaum terpelajar, lebih banyak yang berorientasi pada hedonisme (berhura-hura), tidak banyak pemuda yang peka terhadap kondisi sosial masyarakat saat ini.

Mereka dihadapkan pada berbagai kontradiksi dan aneka ragam pengalaman moral, yang menyebabkan mereka bingung untuk memilih mana yang baik untuk mereka. Kontradiksi yang terdapat dalam kehidupan generasi muda itu, menghambat pembinaan moralnya. Karena pembinaan moral itu terjalin dalam pembinaan pribadinya.

Apabila faktor-faktor dan unsur-unsur yang membina itu bertentangan antar satu sama lain, maka akan goncanglah jiwa yang dibina terutama mereka yang sedang mengalami pertumbuhan dan perubahan cepat, yaitu pada usia remaja. Kegoncangan jiwa, akibat kehilangan pegangan itu telah menimbulkan berbagai masalah, misalnya kenakalan remaja, penyalahan narkoba dan sebagainya.

Padahal sejatinya perubahan yang akan terjadi di masa mendatang akan berkaitan erat dengan apa yang dilakukan dan diperjuangkan oleh pemuda masa kini. Pemuda di masa sekarang harus mampu meneruskan tongkat estafet perjuangan bangsanya di masa mendatang.

Untuk mencapai kondisi yang baik pemuda Indonesia harus mempunyai jati diri yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Masa depan kebangsaan Indonesia sangatlah ditentukan oleh generasi muda yang bermoral dan berakhlak baik. Oleh karenanya, Karang Taruna perlu dibentuk dan dikembangkan di setiap desa sebagai wadah pengembangan karakter tanggungjawab, pengembangan kreativitas, pembinaan generasi muda, dan kepedulian sosial pada diri pemuda-pemudi desa. Hal ini tak terlepas dari tujuan untuk mewujudkan generasi muda yang berilmu pengetahuan, mandiri, tangguh, berkualitas dan bertanggung jawab.

price/Rp25,000,-   size/Shodaqoh Modal Usaha Pemuda Karang Taruna di Pedesaan
left-sidebar
full-widthright-sidebar

::